Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung Oded M Danial saat memberikan keterangan pers di Balai Kota Bandung, Senin (4/5/2020).** HUMAS KOTA BANDUNG

PSBB Kota Bandung Resmi Tak Perpanjang Tapi Akan Ikuti PSBB Jawa Barat

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung mengadakan rapat terbatas di Balaikota Bandung, Senin (4/5/2020). Rapat tersebut mengevaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bandung.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, PSBBini sangat efektif melandaikan curva penyebaran Covid-19 di Kota Bandung. Dengan demikian bisa dikatakan PSBB ini bisa dianggap sukses mengurangi angka penyebaran Covid-19 di kota Bandung.

"Tadi disampaikan menurut analisa para pakar kalau saja tidak diadakan PSBB mungkin penyebaran ini (covid-19) bisa meningkat dan luar biasa. Alhamdulillah dengan PSBB ini dengan rekayasa mitigasi di Kota Bandung ini yang kita jalankan dari tanggal 22 sampai hari ini Alhamdulillah menunjukan angka yang semakin landai," ucap Oded dalam konferensi pers di Balai kota Bandung selepas rapat terbatas tersebut.

Bahkan menurut Oded, dari data yang diperoleh dirinya, selain melandainya penyebaran kasus positif Covid-19, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) pun mulai melandai.

"Yang meninggal juga masih landai di angka 32, padahal sebelumnya yang meninggal sehari bisa 7," ujarnya.

Karena berimbas baik terhadap penurunan curva penyebaran Covid-19, maka Oded memastikan jika Pemerintah kota (Pemkot) Bandung akan mengakhiri PSBB sesuai dengan jadwal awal pada 5 Mei 2020 esok.

"Kita sudah rapat tadi, Insya Allah PSBB kota Bandungkita tutup sampai tanggal 5 besok," tandasnya.

Namun selanjutnya ada keputusan pemerintah provinsi Jawa Barat untuk memberlakukan PSBBtingkat Provinsi Jawa Barat, maka Oded memastikan jika Pemkot Bandung mengikuti aturan tersebut.

"Adapun ada program Pak Gubernur tanggal 6 besok ada PSBB Jawa Barat ya kita juga akan ikut," katanya.

Dijelaskan Oded, meski secara keputusan ada di Provinsi, namun untuk pelaksanaan teknis di kotaBandung tetap akan diatur oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung.

Karena PSBB di Kota Bandung dinilai sukses, maka Oded meyakinkan jika aturan PSBB tingkat Jawa Barat yang akan diterapkan di kota Bandung akan disesuaikan dengan hasil evaluasi PSBB Kota Bandung selama dua pekan ke belakang.

"Teknisnya nanti kita akan evaluasi dulu," tukasnya.

Sumber: prfmnews.id

Baca juga: Tok! PSBB di Kota Bandung Diperpanjang Sampai 29 Mei

POSTING KOMENTAR