Walikota Bandung Oded M. Danial

Bandung Makin Ramai, Wali Kota Minta Warga Bersiap PSBB

Aktivitas masyarakat diBandung, Jawa Barat, justru semakin meningkat.

Meski seruan untuk tetap di rumah dalam mencegah virus corona sudah lama digaungkan, situasi Kota Bandung masih ramai dalam beberapa hari terakhir.

Melihat kondisi tersebut, Wali Kota Bandung Oded M Danial sangat berharap pembatasan sosial berskala besar (PSBB) segera diterapkan di Kota Bandung.

Kebijakan itu dinilai perlu agar warga benar-benar berada di rumahnya masing-masing.

"Makanya saya melihat kalau semakin hari semakin ramai, terlepas ada yang jenuh, ada kepentingan, apa pun alasannya, kalau trennya semakin ramai lagi seperti tidak ada masalah, maka saya katakan siap-siap saja. Bisa jadi PSBB segera dilakukan," kata Oded saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Kota Bandung, Senin (13/4/2020).

Lebih lanjut, Oded menjelaskan, Pemkot Bandung pada pekan depan akan mengajukan usulan PSBB kepada Kementerian Kesehatan.

"Yang mengajukan kita langsung ke pusat, tapi (menunggu) rekomendasi dari Gubernur Jawa Barat. Diharapkan paling lambat pekan depan sudah mengajukan," tutur Oded.

Oded mengatakan, Gubernur Jawa Barat sudah memberikan sinyal kepada Kota Bandung agar siap-siap untuk menerapkan PSBB.

"Berdasarkan koordinasi saya dengan Pak Gubernur, beliau menyampaikan kepada saya agar  siap-siap untuk merespons kemungkinan PSBB di Kota Bandung," kata Oded.

Oded mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih menunggu rekomendasi dari Gubernur Jawa Barat untuk mengajukan PSBB ke Kemenkes.

Sebab, Kota Bandung masuk dalam paket rencanaPSBB Bandung Raya bersama Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Sumedang yang juga diajukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Pengajuan menunggu dari Pak Gubernur, karena beliau juga punya kajian. Kalau saya kajiannya lokal Bandung, beliau punya untuk Bandung Raya, karena PSBB yang akan diberlakukan di Bandung Raya ada dalam koordinasi Gubernur," kata Oded.

Nonu



Baca juga: Tok! PSBB di Kota Bandung Diperpanjang Sampai 29 Mei

POSTING KOMENTAR