Ilustrasi anak susah makan

Anak Susah Makan? Bisa Jadi 8 Alasan Ini Penyebabnya

KOMPAS.com - Kamu menemukan resep menarik yang sehat dan lezat, yang membuatmu yakin bahwa si kecil akan melahapnya saat kamu menyajikannya di atas meja. Sayangnya, setelah berjam-jam berkutat di dapur dan menyajikannya di meja makan, si kecil justru menolaknya mentah-mentah. Rasanya usaha apapun yang kita lakukan, belum ada yang berhasil membuat si kecil berselera untuk makan.

Ini tentu membuat kita sebagai orangtua mengkhawatirkan apakah kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan si kecil terpenuhi. Ketika anak-anak menolak untuk makan, para ibu tentu akan mencoba berbagai cara membujuk mereka untuk makan dengan cara yang berbeda. Bahkan ada kalanya harus memakai ancaman, memarahi hingga melarang mereka bermain. Tetapi anak-anak teta bersikeras dan membuat kita kesulitan. Alih-alih marah dan frustrasi, sebagai orangtua kita perlu memahami mengapa anak-anak berperilaku demikian.

Ada banyak alasan mengapa anak-anak tidak mau makan. Berikut ini adalah berapa alasan yang bisa menyebabkan anak tak mau makan:

- Apakah ada jarak yang cukup antara waktu makan anak?

- Apakah makanan disiapkan sesuai dengan selera anak?

- Apakah si kecil memiliki kebiasaan ngemil sebelum makan?

- Apakah si kecil termasuk anak yang aktif dan energik dan mendapatkan latihan fisik yang cukup?Jika jawabannya tidak, maka orangtua mungkin harus memperbaikinya.

- Pastikan bahwa waktu makan anak dijadwalkan dengan benar dan harus memiliki jarak setidaknya 3-4 jam antara setiap kali makan.

- Juga, pastikan makanan yang disiapkan menarik untuk selera anak.

- Orangtua harus benar-benar menghindari memberikan makanan ringan setidaknya setengah jam sebelum makan, karena ini akan menghilangkan nafsu makan.

- Jika anak tidak energik atau tidak aktif, ia kemungkinan tidak akan merasa lapar selama waktu makan.

Baca juga: Jika Ada Penumpukan Kendaraan di GT Cileunyi, Akses Darurat Gedebage Bakal Dibuka

POSTING KOMENTAR